Mengenai Saya

Foto saya
SPN kepanjangan dari Serikat Pekerja Nasional.SPN merupakan organisasi yang didirikan oleh pekerja untuk pekerja yang mana fungsinya untuk melindungi hak-hak pekerja dan menciptakan hubungan yang harmonis antara pekerja dengan pengusaha .SPN Gresik adalah salah satu cabang SPN yang berada dibawah pembinaan DPD SPN Jawa Timur.DPC SPN Gresik sendiri mempunyai 23 PSP SPN yang telah terdaftar didisnaker Kab.Gresik.DPC SPN Kab. Gresik dinahkodai oleh Bpk. Halid Amir dengan beberapa kru antara lain Moh. Ali Rodhi,Sengkowo Ahmad Ramadhani,Puji Yuswantoro,Budi Waluyo dll.Saat ini DPC SPN Gresik menempati kantor yang beralamatkan di Jl.Raya Perum Banjarsari Asri No. 3 desa Banjarsari Kec.Cerme Kab.Gresik.

Pengikut

Kamis, 30 April 2009

Tentang Kota Gresik

Kabupaten Gresik adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur, Indonesia.

Batas Wilayah
Utara : Laut Jawa
Selatan : Kota Surabaya
Timur : Selat Madura
Barat : Kabupaten Lamongan

Wilayah Kabupaten Gresik juga mencakup Pulau Bawean, yang berada 150 km lepas pantai Laut Jawa. Ibukota Kabupaten Gresik berada 20 km sebelah utara Kota Surabaya.

Sejarah

Gresik sudah menjadi salah satu pelabuhan utama dan kota dagang yang cukup penting sejak abad ke-14, serta menjadi tempat persinggahan kapal-kapal dari Maluku menuju Sumatera dan daratan Asia (termasuk India dan Persia). Hal ini berlanjut hingga era VOC.

Pada era VOC, Afdeeling Gresik terdiri dari Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Sedayu. Kota Gresik sendiri berada pada jalur utama jalan pos Dandels. Perkembangan Surabaya yang cukup pesat memaksa dihapuskannya Kabupaten Gresik dan bergabung dengan Kabupaten Surabaya pada tahun 1934.

Pada awal Kemerdekaan Indonesia, Gresik hanyalah sebuah kawedanan di bawah Kabupaten Surabaya. Didirikannya Pabrik Semen Gresik pada tahun 1953 merupakan titik awal industrialisasi di Gresik. Pada tahun 1974, status Kabupaten Surabaya dihapus dan sebagai penggantinya adalah Kabupaten Gresik, dengan bupati pertama H. Soeflan. Kawasan permukiman pun semakin melebar, dan bahkan pusat pemerintahan dipindahkan ke Bunder, yang kini dianggap sebagai Gresik Kota Baru.

Perekonomian

Gresik dikenal sebagai salah satu kawasan industri utama di Jawa Timur. Beberapa industri di Gresik antara lain Semen Gresik, Petrokimia Gresik, dan Maspion. Gresik juga merupakan penghasil perikanan yang cukup signifikan, baik perikanan laut, tambak, maupun perikanan darat. Gresik juga terdapat sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap berkapasitas 2.200 MW. Antara Gresik dan Surabaya dihubungkan oleh sebuah Jalan Tol Surabaya-Manyar, yang terhubung dengan Jalan Tol Surabaya-Gempol. Selain itu perekonomian masyarakat Gresik banyak ditopang dari sektor wiraswasta. Salah satunya yaitu Industri Songkok, Pengrajin Tas & Industri Garment (konveksi)

Rupa-rupa

Makanan khas Gresik adalah nasi krawu, otak-otak bandeng, pudak, Jubung, ayas, ubus, es siwalan Legen panceng, Gajih pinggir, dan Bontosan Giri yang hanya ada di daerah sekitar makam Sunan Giri.

Pariwisata

Sejumlah pariwisata andalan di Gresik adalah Makam Maulana Malik Ibrahim (di Gapuro), Makam Sunan Giri (di Giri Kedaton, Kebomas), Makam Fatimah binti Maimun, Makam Kanjeng Sepuh dan Petilasan sunan kalijaga di Kawasan Gunung Surowiti kecamatan Panceng di Kabupaten Gresik; yang kesemuanya telah ditetapkan sebagai cagar budaya dan ilmu pengetahuan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pulau Bawean merupakan tujuan wisata bahari, yang terdapat suaka alam dan suaka margasatwa, wisata pantai "pasir putih" yang berada di desa dalegan kecamatan Panceng yang menyuguhkan suasana hiburan pemandangan laut, bermain dan mandi di pantai yang aman dan nyaman.

selain itu ada tradisi yang telah cukup lama hingga sekarang masih terus berlangsung yakni tradisi rabo wekasan dan pasar bandeng.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar